ULASAN  TENTANG KHITAN by RUMAH SUNAT SEMARANG//  TEMPAT KHITAN PILIHAN // SUNAT ANAK NYAMAN//  081-6699-761

ULASAN TENTANG KHITAN by RUMAH SUNAT SEMARANG// TEMPAT KHITAN PILIHAN // SUNAT ANAK NYAMAN// 081-6699-761

Assalamu’alaikum wr.wb.
Istilah khitan mungkin tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, namun tidak banyak yang paham tentang sejarah khitan, pengertian, waktu pelaksanaan, manfaat, indikasi, kontra indikasi, efek samping, metode apa saja yang ada dalam dunia perkhitanan, serta perawatan pasca khitan, untuk itu bersama Rumah Sunat Semarang akan mengupas tuntas tentang seputar khitan yang bisa dijadikan bekal ilmu untuk ayah bunda maupun si buah hati. Khitan adalah ibadah, sunat adalah ajaran agama, sunat adalah kesehatan dan kebersihan. Khitan tidak saja sekedar memotong kulup, sunat tidak saja menghilangkan ujung preputium, akan tetapi disamping dari segi kesehatan, sunat banyak kiasan dari segi kiasan.. sunat adalah kedewasaan.. sunat adalah akhil baliq.. sunat adalah tanggung jawab pribadi terhadap ajaran tuntunan agama.. bagi laki laki sunat adalah wajib hukum nya.

Sejarah Khitan
Khitan sebetulnya merupakan ajaran yang sudah semenjak semenjak jaman para nabi. Ini dibuktikan dengan Nabi Ibrahim, AS orang yang pertama kali telah melakukan berkhitan. Namun ada juga beberapa sumber yang menyebutkan bahwa nimbi adam as pun menjalankan sunat sebagai bentuk penyesalan atas melanggar perintah allah swt. Di jaman manusia prasejarahpun tradisi khitan juga sudah ada namun hal itu belum jelas bagaimana khitan yang sebenarnya.
Sementara itu, di Indonesia pun khitan masuk sebelum ajaran islam, dibuktikan oleh masyarakat Banten yang telah menjadikan khitan sebagai budaya oleh masyarakat sunda. Membersihkan ujung kemaluan adalah tradisi masyarakat banten pada jaman itu. Apapun itu sunat adalah untuk kebersihan, sunat adalah kesehatan.

Apa itu Khitan ?
Secara etimologis Khitan berasal dari bahasa arab kata “khatana” yang artinya “memotong”, berarti bagian yang dipotong dari ujung kulit dzakar, yaitu kulit yang menutupi khasafah atau kepala penis sehingga berubah bentuknya. Bertujuan menghilangkan hadast yang bisa membatalkan syah nya sholat.
Secara terminologis khitan mempunyai arti membuka atau memotong kulit (quluf) yang menutupi ujung kemaluan dengan tujuan agar bersih dari najis.
Berdasarkan pengertian di atas, khitan mempunyai arti perbuatan memotong bagian kemaluan laki – laki, yakni memotong kulit atau kulup yang menutupi bagian ujungnya sehingga seutuhnya terbuka. Pemotongan kulit ini dimaksudkan agar ketika buang air kecil mudah dibersihkan, karena syarat dalam ibadah adalah kesucian.

Hukum Khitan
Ada beberapa pendapat ulama islam bahwa khitan adalah hukumnya wajib, namun ada yang mengemukakan bahwa khitan adalah sunnah.
Alasan mengapa khitan wajib, antara lain :

  1. Salah satu bentuk shiar islam yang dapat membedakan antara muslim dan non muslim, hal ini dari ajaran kewajiban sholat yang harus bebas dari hadast.
  2. Khitan adalah perbuatan memotong sebagian dari anggota badan yang tidak dilarang sebagaimana dilarang memotong jari – jari atau tangan kita kecuali karena hukum qisas.
  3. Memotong badan akan berakibat sakit, maka tidak diperkenankan kecuali 3 (tiga) hal, yakni demi kemaslahatan, qisas dan kewajiban. Maka dalam pemotongan anggota badan dalam khitan adalah kewajiban.

Alasan khitan adalah sunnah, antara lain :

  1. Sebuah hadist riwayat Al- baihaqi , bahwa ‘ khitan itu sunnah untuk laki-laki dan mukarramah untuk kaum perempuan.
  2. Khitan termasuk salah satu bentuk shiar islam dan tidak semua shiar islam itu wajib.

Dari berbagai pendapat di atas, maka khitan adalah wajib hukumnya, sebab banyak dalil yang mewajibkan sangat kuat dan sahih. Terkait dengan ibadah yang mensyaratkan adanya kebersihan dan kesucian, apabila tidak dikhitan untuk membersihkan bagian dalam kelamin akan sulit, hal inilah yang membuat sisa air kencing masih tersangkut di lekukan ujung gland penis. Hal inilah yang bisa membatalkan syarat syah nya sholat.

Waktu Pelaksanaan Khitan
Waktu pelaksanaa khitan dikelompokkan dalam 3 (tiga) waktu, yaitu waktu wajib, sunnah dan makruh.

  1. Waktu Wajib
    Waktu khitan diwajibkan bagi laki – laki baligh, berakal dan berfisik sehat.
  2. Waktu Sunnah
    Tentang waktu yang disunnahkan oleh para ulama, bahwa waktu yang dimaksud yaitu sebelum aqil baligh :
    a. Pada usia bayi, yaitu usia 7 hari mengikuti jejak rosul (ittiba’ rosul).
    b. Jika usia 7 hari belum terlaksana maka disunnahkan pada usia 40 hari.
    c. Jika 40 hari belum terlaksana, maka disunnahkan pada usia 7 tahun, karena pada usia ini anak harus dilatih untuk melaksanakan sholat.
  3. Waktu Makruh
    Waktu makruh yakni dimana fisik anak kurang memungkinkan menanggung rasa sakit untuk berkhitan, waktu yang dimaksud adalah usia kurang dari umur 7 hari, karena fisiknya yang masih lemah.

Manfaat Khitan
Setiap apa yang diperintahkan oleh Allah SWT pastilah mempunyai maksud dibalik itu, sebagaimana dengan perintah untuk berkhitan. Beberapa manfaat dari berkhitan antara lain :

  1. Menjadikan kemaluan lebih bersih dan mudah membersihkannnya, terutama dari sisa – sisa urin, sehingga akan terjaga kesuciannya, karena tidak ada sisa kencing yang najis tersisa dan sudah terbasuh merata dengan maksimal.
  2. Sebagai ciri atau tanda pengikut Nabi Muhammad SAW, dan pelestari Nabi Ibrahim, AS.
  3. Memberikan nilai keindahan.
  4. Mampu mengontrol syahwat.
  5. Mencegah penumpukan smegma, yaitu kotoran yang lengket berwarna yang berbau tidak sedap yang berasal dari lemak yang dihasilkan tubuh yang bercampur dari bakteri dan sisa urine.
  6. Meminimalkan penyebaran HIV.
  7. Meminimalkan penyebaran HPV (Human Pappiloma Virus).
  8. Bagi yang berpasangan khitan mampu mencegah ejakulasi dini.
  9. Mencegah timbulnya kanker serviks.
  10. Mencegah kanker penis.

Indikasi Khitan
Indikasi dilakukannya sirkumsisi yang pertama sekali adalah tuntunan kepercayaan, dimana sirkumsisi atau khitan ada dalam ajaran dan fitrah manusia yang wajib untuk dilakukan.Selanjutnya adalah adanya indikasi medis sebagai berikut :

  • Phimosis, yaitu keadaan dimana preputium atau kulup tidak dapat ditarik ke belakang, kadang kulup atau kulit penis tersebut mengunci dan kurangnya hanya sebesar lidi sehingga menyebabkan buang air kecil tidak lancar atau menetes, dan bengkak pada ujung penis karena urin tertahan. Pada tahun 2008 data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia anak yang phimosis tercatat sekitar 10 %. Keadaan yang dapat menimbulkan phimosis diantaranya kongenital dan peradangan atau infeksi.

-Pharaphimosis yaitu keadaan dimana kulit tidak dapat ditarik kendepan ke daerah kepala penis, dapat menyebabkan batang penis terjepit dan menjadi bengkak atau meradang.

  • Condiloma Akuminata adalah Papiloma Multiple yang tumbuh di daerah kemaluan atau bahasa awamnya kulit seperti kembang kol, permukaan kasar dan berbingkai. penyebabnya adalah perawatan kebersihan kemaluan yang kurang.
  • Karsinomapenis atau Kanker Penis. Dengan kuatnya anjuran untuk sunat, membuat masyarakat umum mulai sadar akan pentingnya melakukan tindakan khitan dan mendatangi rumah sakit untuk melakukan tindakan tersebut.

Kontra Indikasi Khitan
Sunat Tidak Boleh Dilakukan Apabila Terdapat Kontra indikasi. Namun, sebelum tindakan ada baiknya konsultasikan ke dokter Anda bahwa tidak ada kontraindikasi untuk tindakan sunat dari anggota keluarga Anda. Sunat tidak dilakukan pada keadaan-keadaan medis seperti Hiphospadia yaitu adanya kelainan muara uretra atau lubang penis yang normalnya ada di ujung penis, pada kelainan ini bisa terletak di batang penis bagian bawah, di kepala penis, atau bahkan di perineum atau dibawa kantung zakar. Pada keadaan ini tidak boleh dilakukan sirkumsisi karena kulup atau kulitnya akan dimanfaatkan untuk memperbaiki muara penuhnya pada saat dioperasi. Kemudian juga tidak boleh langsung dikerjakan pada pasien dengan kelainan pembekuan darah atau penyakit hemofilia, trombositopenia (trombosit darah rendah) karna akan terjadi perdarahan hebat yang sulit berhenti. Kontraindikasi yang masih pertimbangan adalah adanya infeksi pada penis, Diabetes Mellitus. Sekali lagi, temui dokter sebelum melakukan tindakan sehingga dokter dapat menjelaskan apakah bisa dilakukan sunat atau tidak.

Metode Khitan
Saat ini banyak teknik dan metode yang bisa digunakan tenaga medis untuk melakukan tindakan sirkumsisi atau sunat, yaitu :

Metode Konvensional dianggap masih lebih efektif dari teknik atau metode yang lain. Saat ini Rumah Sunat Semarang masih menggunakan teknik Konvensional. Tindakan ini banyak menjadi pilihan karena disamping biayanya yang murah, tindakan ini telah umum dilakukan sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang baik.

Metode yang lain di Rumah Sunat Semarang adalah yang lagi marak saat ini yaitu sistem klamp tanpa jahitan, dengan menggunakan metode penjepitan kulit kulup dengan klamp yang terbuat dari bahan plastik steril, kemudian kulit dipotong sepanjang jepitan yang melingkar bawah gland penis. Klamp akan dilepas dalam 5 hari setelah tindakan. Metode yang di klaim sebagai metode sunat paling favorit dan banyak diminati. Pasca sunat yang enak tidak sakit serta tidak mengganggu aktifitas, dari segi harga pun ada banyak paket harga pilihan yang disesuaikan kebutuhan. Alat yang begitu fleksibel amat sangat cocok bagi anak yang aktif dan masih sering ngompol. Perlindungan maksimal dan aman amat cocok dan sangat dinikmati dalam keseharian ketika proses penyembuhan.

Kemudian ada tren Sunat coter Laser, yang sebenarnya salah kaprah, karena metode ini menggunakan energi panas yang dialirkan ke besi tipis sehingga mampu memotong kulup tanpa perdarahan, sebuah metode yang sempat nge trend di era tahun 90 an, begitu fenomenal dengan sebutan sunat laser. Merupakan metode awal awal nya sunat modern. Pengerjaan yang praktis memotong sekaligus menghaentikan perdarahan, metode yang masih menggunakan jahit ini tidak boleh kena air terlebih dahulu, itulah salah satu kekurangan kecil dari metode couter laser.

Metode yang sudah ditinggalkan saat ini adalah teknik guilotin atau amputasi, metode ini berbahaya karena jika tidak hati-hati maka akan menimbulkan komplikasi dan ikut terpotongnya kepala penis.

Efek samping Khitan
Setiap tindakan akan mempunyai efek samping, termasuk tindakan khitan. Efek samping ini dapat berefek secara jangka pendek maupun jangka pendek. Untuk jangka pendek seperti perdarahan, nyeri, rasa tidak nyaman pasca khitan, bengkak, pemotongan kulup yang kurang atau terlalu panjang. Sedangkan efek jangka panjang dari berkhitan adalah mati rasa setelah dikhitan, terpotongnya penis. Namun, jika khitan dikerjakan oleh orang yang kompeten efek samping itu akan bisa teratasi.

Perawatan Pasca Khitan
Setelah khitan, akan dilakukan perawatan yaitu diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi, analgesik atau penahan rasa sakit dan anti inflamasi. Jika perlu diberikan vitamin. Tidak ada pantangan makan, namun dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi protein. Pada sunat konvensional pasien dianjurkan kontrol 3 hari pada tindakan untuk membuka perban. Pada pasien yang gemuk dan banyak lemak di daerah penisnya, kemungkinan akan dilakukan perawatan terbuka tanpa perban. Selama 3 hari penis dijaga agar tidak basah dan terkena urin. Serta dianjurkan untuk mengurangi aktivitas yang berlebihan.

Tempat Terbaik Khitan semarang
Rumah Sunat Semarang ahlinya khitan di Wilayah Kota Semarang dengan berbagai metode sunat modern yang akan memberikan manfaat khitan. Khitan nyaman dengan minim risiko pasca khitan serta bebas nyeri. Di tangani oleh dokter khitan senior dan berpengalaman, dengan pengalaman yang tinggi membuat anak yang di khitan merasa nyaman dan tidak merasakan sakit sama sekali. Di tunjang oleh peralatan lengkap dan berbagai metode yang terkini membuat anak yang disunat bisa memilih metode apa yang akan digunakan. Layanan ekstra berupa bius tidak suntik membuat anak yang phobia jarum akan merasa nyaman dan tidak takut akan sunat. Tempat sunat yang bersih mewah dan nyaman serta di lengkapi photobooth guna mengabadikan moment pasca khitan. Ruang tunggu yang nyaman dilengkapi televise buat mengisi waktu tunggu giliran anak, serta play ground yang nyaman. Fasilitas play station semakin menambah nyaman nya anak yang hendak sunat. Tanpa terasa dan tanpa ketegangan di saat menunggu giliran pelaksanaan sunat nya.
Tempat terbaik layanan khitan yang tidak perlu diragukan lagi dengan operator tenaga medis dengan tim yang berkompeten dalam dunia perkhitanan.
Layana customer care siap sedia 24 jam penuh ketika orang tua hendak berkonsultasi baik informasimetode khitan maupun informasi pasca khitan.

Itulah sekilas tentang Khitan by Rumah Sunat Semarang, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan berkunjung ke alamat :

Rumah Sunat Semarang
Jln. Nogososro No.34 Tlogosari Semarang.

atau hubungi
081 6699 761
081 565 29661

www.sunatsemarang.com
www.sunatindonesia.com
www.infosunatsemarang.com
www.dokterpras.com
www.infokhitan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WhatsApp Kami